Astagfirullah.. Inilah 10 Pekerjaan Yang Rasulullah Sebut HARAM Tapi Sering Dilakukan.. No 4 dan 8 Banyak Sekali Yang Melakukannya

Dari abu hurairah ra dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia bersabda: “benar - benar hendak tiba kepada manusia sesuatu masa, pada dikala itu orang tidak lagi mempedulikan dari mana dia memperoleh harta kekayaan, apakah dari jalur yang halal ataukah jalur yang haram.

bencana, musibah alam, keserakahan manusia, style hidup hedonis yang tamak dan juga rakus, seluruhnya menggambarkan faktor timbulnya ketidakseimbangan, baik pada alam ataupun secara sosial. dari sudut pandang sunnatullah, seluruh itu menggambarkan wujud tes yang allah bagikan kepada tiap manusia. tetapi, dari sudut pandang human’s behaviour (sikap manusia) , hingga seluruh bencana itu merupakan akibat tingkah laku mereka.

seluruh musibah itu hendak berefek pada problem kemanusiaan. ekonomi merosot, persediaan pangan terancam, lahan pekerjaan jadi kecil, sedangkan kebutuhan manusia terus berjalan dan juga condong melonjak, baik karna aspek pertambahan penduduk ataupun berbeda style hidup manusia yang condong materialistik.


dalam keadaan serupa itu, kerap kali manusia jadi hitam mata manakala kebutuhan mereka tidak terpenuhi. perut yang lapar dan juga tuntuan hidup orang - orang yang ditanggungnya (anak dan juga istri) , ingin tidak ingin hendak memforsir mereka buat menempuh jalur yang bisa jadi aja berujung pada perilaku menghalalkan seluruh trik; yang terutama perut dapat diganjal, anak dan juga istri tidak lagi menangis kelaparan dan juga kebutuhannya terpenuhi.

inilah keadaan di mana hari ini kita hidup. aspek kesenjangan sosial antara sang kaya dan juga sang miskin tidak dipungkiri jadi faktor lahirnya kemauan manusia buat mencari keadilan dengan cara - cara haram.

orang - orang kaya yang hobi pamer kekayaan dan juga kerap menjual style hidupnya kepada orang - orang miskin, ‘telah menaikkan dorongan mereka buat melaksanakan whatever asal mereka dapat menikmati serupa yang sepanjang ini mereka tonton. hingga, betapa tepatnya keadaan dikala ini dengan apa yang dinubuwatkan oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam riwayat di atas.

rezki allah itu amat luas


pameo klasik yang berkata kalau ‘mencari yang haram aja susah, terlebih yang halal’ jelas menggambarkan suatu sebab yang klise dan juga absurd, walaupun realitanya demikian. sebetulnya mata pencaharian itu amat banyak ragamnya. sepanjang dia menggambarkan suatu yang halal, baik, dan juga tidak melanggar syarat syariat, hingga dia merupakan pekerjaan yang diberkahi.

seseorang muslim boleh melaksanakannya. apabila pekerjaan tersebut berbentuk suatu kemaksiatan, kemungkaran, kezaliman, kecurangan, penipuan, ataupun pelanggaran terhadap ketentuan - ketentuan universal syariat, hingga dia merupakan pekerjaan yang haram, walaupun menciptakan harta kekayaan dalam jumlah yang banyak. seseorang muslim harus menghindari dan juga meninggalkannya.

jauhi pekerjaan - pekerjaan ini:

rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan umatnya buat mewaspadai pekerjaan - pekerjaan yang haram ini. dia shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan salah satu ciri rusaknya akhlak umat manusia dengan ketidakpedulian mereka terhadap trik mencari harta kekayaan. di antara mata pencaharian yang dilarang merupakan:

1. pekerjaan yang berbentuk kesyirikan dan juga sihir, serupa perdukunan, paranormal, ‘orang pintar’, peramal nasib, dan juga perihal yang sejenis dan juga semakna dengannya.


2. pekerjaan yang berbentuk sarana - sarana mengarah kesyirikan, serupa jadi juru kunci makam, membikin arca, melukis gambar makhluk yang bernyawa, dan juga perihal yang sejenis dan juga semakna dengannya.


3. memperjual belikan perihal yang diharamkan oleh syariat, serupa bangkai, babi, darah, anjing, arca, lukisan makhluk yang bernyawa, minuman keras, narkotika, dan juga lain sebagainya.


dari abu mas’ud al - anshari ra bahwasanya rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang harta dari harga penjualan anjing, upah perempuan pezinaan, dan juga upah seseorang dukun. 2)

dari abu juhaifah ra dia mengatakan: “sesungguhnya rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang harta hasil penjualan darah, penjualan anjing, upah budak wanita yang dipekerjakan buat berzina (upah germo). dia melaknat wanita yang membikin tato, wanita yang memohon ditato, orang yang memakan harta riba, orang yang membagikan riba, dan juga orang yang membikin arca. ” 3)

dari jabir bin abdillah ra bahwasanya dia telah mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di mekah pada tahun penaklukkan mekah: “sesungguhnya allah dan juga rasul - nya telah mengharamkan penjualan khamer, bangkai, babi, dan juga arca. ” hingga terdapat seorang bertanya: “wahai rasulullah, gimana komentar kamu tentang menjual lemak bangkai, karna dia dapat dipakai buat mewarnai perahu, meminyaki kulit, dan juga orang - orang biasa mempergunakannya buat minyak lampu penerangan? ” hingga dia menanggapi: “tidak boleh menjualnya, dia senantiasa haram. ”

rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu bersabda: “semoga allah memerangi kalangan yahudi. kala allah mengharamkan atas mereka lemak bangkai, mereka mencairkannya kemudian menjualnya dan juga memakan biayanya. ”4)

dari ‘aisyah radiyalaahu ‘anhuma dia mengatakan: “ketika diturunkan ayat - ayat di akhir - akhir tulisan al - baqarah tentang riba (ayat 275 dst) , nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar ke masjid dan juga membacakannya kepada warga. dia shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah itu mengharamkan perdagangan khamer, minuman keras.

4. memakan harta riba.

hai orang - orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada allah dan juga tinggalkanlah riba yang masih terdapat pada diri kamu, bila kamu betul - betul beriman. bila kamu tidak ingin melaksanakannya, hingga terimalah pengumuman perang dari allah dan juga rasul - nya. ” (qs al - baqarah [2] : 278 - 279).

5. menimbun bahan - bahan perdagangan di dikala biayanya murah dan juga diperlukan oleh warga dengan tujuan mencapai keuntungan yang berlipat ganda pada dikala biayanya melambung besar.


dari ma’ mar bin abdullah al - anshari ra dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia bersabda:
“barang siapa menimbun, dia telah berbuat salah. ” dalam lafal yang lain: tidak terdapat orang yang melaksanakan penumpukan tidak hanya orang yang berbuat salah. “ 6)

dari umar bin khathab ra , dia mengatakan: aku mendengar rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa menimbun olahan santapan yang diperlukan oleh kalangan muslimin, allah subhanahu wa ta’ala hendak menimpakan penyakit lepra dan juga kebangkrutan kepadanya. " 7)

6. perjudian.


hai orang - orang yang beriman, sebetulnya khamer (minuman keras) , perjudian, berkurban buat berhala - berhala, dan juga mengundi nasib dengan anak panah merupakan perbuatan keji dan juga tercantum perbuatan setan, hingga jauhilah oleh kamu perbuatan - perbuatan tersebut supaya kamu memperoleh keberuntungan.

sebetulnya setan bermaksud memunculkan permusuhan dan juga kebencian di antara kamu lantaran meminum khamr dan juga melaksanakan perjudian dan juga menghalang - halangi melalaikan kamu dari dzikir kepada allah dan juga dari shalat. hingga kenapa kamu tidak ingin menyudahi? (qs al - maidah [5]: 90 - 91).

7. memakan harta anak yatim secara dzalim.


sebetulnya orang - orang yang memakan harta anak yatim secara dzalim, sesungguhnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan juga mereka hendak masuk ke dalam api yang menyala - nyala (neraka). (qs an - nisa’ [4) : 10).

hai orang - orang yang beriman, janganlah kamu silih memakan harta sesama kamu dengan jalur yang batil, kecuali dengan jalur perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu. (qs an - nisa’ [4]: 29).

8. mencuri, mencopet, menjambret, dan juga merampok.


pencuri pria dan juga pencuri wanita, hingga potonglah (pergelangan) tangan - tangan mereka bagaikan hukuman dari allah atas kejahatan mereka. (qs al - maidah [5]: 38).

9. kurangi timbangan dan juga takaran.


musibah untuk orang - orang yang melaksanakan kecurangan dalam timbangan, ialah bahwa menakar kepunyaan teman buat pribadinya, dia memohon disempurnakan. tetapi, apabila mereka menakar benda dagangan mereka buat teman , dia merugikan teman (dengan kurangi takaran). (qs al - muthaffifin: 1 - 3).

10. korupsi dan juga penipuan terhadap rakyat.


dari ma’qil bin yasar ra dia mengatakan: aku mendengar nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: “tidak terdapat seseorang hamba juga yang diberi amanat oleh allah buat jadi pemimpin suatu warga kemudian dia tidak mengetuai mereka dengan ketulusan (kejujuran) , kecuali dia tidak hendak memperoleh bau surga. ” dalam lafal muslim: “… kecuali allah mengharamkan surga atasnya. “ 8)

11. menunda - nunda pembayaran honor buruh dan juga karyawan ataupun kurangi hak - hak mereka.


dari abu hurairah ra dari nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dia bersabda: “allah subhanahu wa ta’ala berfirman ‘ada 3 kalangan yang saya jadi musuh mereka; orang yang membagikan sumpah setia dengan menyebut nama - ku kemudian dia mengkhianati, orang yang menjual orang merdeka kemudian dia memakan hasil penjualannya, dan juga orang yang mempekerjakan seseorang buruh kemudian sang buruh menyelesaikan pekerjaannya sedangkan dia tidak ingin membayarkan upahnya. ” 9)

_________

1. hr. bukhari : kitab al - buyu’ bab man lam yubali min haitsu kasaba al - mal nomor. 2059 bab qauluhu ta’ala ali imran : 130 nomor. 2083, an - nasa’i dan juga ahmad. ‘

2. hr. bukhari : kitab al - buyu’ bab tsaman al - kalb nomor. 2237,.

3. hr. bukhari : kitab al - buyu’ bab mukil al - riba nomor. 2086, bab tsaman al - kalb nomor. 2238.

4. hr. bukhari : kitab al - buyu’ bab bai’i al - maitah wa al - ashnam nomor. 2236″ 90 hr. bukhari : kitab al - shalat bab tahrim tijarat al - khamr fi al - masjid nomor. 459.

5. hr. muslim: kitab al - musaqat bab tahrim alihtikar fi al - aqwat nomor. 1605,.

6. hr. ibnu majah : kitab al - tijarah bab al - hukrah wa al - jalb nomor. 2155. ai - hafizh ibnu hajar mengatakan: sanadnya hasan.

7. hr. bukhari : kitab al - ahkam bab man ustur’iya ra’iyah falam yanshah lahum nomor. 7150 muslim: kitab al - imarah bab fadhilat al - imam al - ‘adil wa ‘uqubat al - jaair nomor. 1831. ‘.

8. hr. bukhari: kitab al - buyu’ bab itsm man ba’a hurran nomor. 2227.

(sumber: akhir era: abdur rahman al - wasithi, dari: 100 hadits tentang nubuat akhir era, az - zahra mediatama, perihal. 102 - 108)





(sumber : https: //tausiah - subuh. blogspot. com/2017/01/astagfirullah - inilah - 10 - pekerjaan - yang. html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.