Dibully Sebarkan HOAX, Media Mainstream ini Akhirnya Klarifikasi Berita J0k0wi Terbaik se Asia Australia

Sebagian hari yang kemudian media tanah air diramaikan dengan beredarnya berita j0k0wi jadi pemimpin tersadu asia - australia tipe bloomberg, seolah paduan suara seluruh media besar tanah air membikin headline yang kira - kira sama disemua berita mereka. salah satu media yang memberitakan dengan haeadline yang sama merupakan merdeka. com dengan menulisakan headline j0k0wi jadi pemimpin tersadu asia - australia tipe bloomberg, merdeka. com, sabtu, (31/2/2016).


link: https: //www. merdeka. com/dunia/j0k0wi - jadi - pemimpin - terbaik - asia - australia - versi - bloomberg. html


merdeka. com mengartikan pemberitaan yang dilansir oleh bloomberg bagaikan salah satunya neagra yang mempunyai performa postif " bersumber pada informasi bloomberg tersebut, j0k0wi salah satunya pemimpin negeri yang mempunyai performa positif. aspek yang dinilai bloomberg, ialah menaikkan kekokohan nilai ubah (2, 41 %) , melindungi perkembangan ekonomi senantiasa positif (5, 02 % skala tahun ke tahun) , dan juga mempunyai tingkatan penerimaan publik yang besar (69 %) "


tidak mampu dipungkiri kira - kira seluruh media yang memberitakan merupakan media - media yang pro terhadap j0k0wi dan juga ah0k, tercantum merdeka. com, sampai - sampai berita - berita yang dimuatpun terkesan sekali senantiasa menunjang ke 2 orang tersebut. salah satunya merupakan berita yang dirilis bloomberg ini diframing dengan tujuan buat mengangkut pencitraan j0k0wi.

netizen juga mulai berpikir keritis dengan memandang langsung ke berita yang dirilis oleh bloomberg, dan juga jelas sekali ada perbandingan yang amat jauh antara yang diberitakan oleh media lokal dengan sumber aslinya. pada sumber aslinya bloomberg tidak satupun mengatakan kalau j0k0wi merupakan pemimpin tersadu. malah judul yang dinaikan merupakan “who’s had the worst year? ”. dalam bahasa kita tiap hari maksudnya merupakan: siapakah yang hadapi tahun terburuk kali ini? judul ini diperkuat dengan anak kalimat “how asian leaders fared in 2016” yang berarti “gambaran nasib para pemimpin asia tahun 2016”. pula, pada penggalan kickers (kaki judul) editor bloomberg mencantumkan: “and some of the headaches they face in 2017”, alias: “dan beberapa ‘sakit kepala’ yang dialami tahun 2017”. sampai - sampai media - media yang berkata j0k0wi pemimpin tersadu se asia australia dibully habis - habisan oleh netizen. berikut kami cantumkan sebagian statment netizen yang sudah amat viral.


lewat twitter netizen mencari ketahui tentang kebenaran ini dengan bertanya langsung pada account twitter wartawan kepunyaan bloomberg penulis informasi " whos had the worst year? how asian leaders fared in 2016 ". account tweeter dengan nama dwi nugroho melampirkan suatu informasi pada account david dan juga bertanya: david, apakah kamu sempat berkata joko widodo merupakan pemimpin tersadu di asia 2016? tersebar rumor tentang perihal itu di indonesia. account twitter david merespons dengan jawaban pendek : tidak sempat. dwi nugroho berulang membalas dengan berkata : ok terimakasih, ini sudah menarangkan seluruhnya. silahkan baca lengkapnya: konfirmasi bloomberg : kami tidak sempat menyebut j0k0wi terbaik


sehabis ramai dibully oleh netizen kesimpulannya merdeka. com melaksanakan klarifikasi lewat postingannya bertajuk klarifikasi wartawan bloomberg soal j0k0wi pemimpin tersadu se - asia, selasa, (3/1/2017).


link: https: //www. merdeka. com/dunia/klarifikasi - wartawan - bloomberg - soal - j0k0wi - pemimpin - terbaik - se - asia. html


belajar dari kesalahan yang telah terbuat oleh merdeka. com dan juga seluruh media lain yang pula telah melaksanakan framing tersebut, media berlagak jujur dan juga leluasa dari kepentingan politik penguasa, sampai - sampai memebritakan apa terdapatnya tanapa dipengaruhi oleh opini yang bakal dibentuk, apa lagi media besar sekelas merdeka. com, kompas, detik, viva dll. media sebaiknya tidak memaksakan kehendak demi mengasyikkan mereka yang bayar, kasihan rakyat yang tidak tau apa - apa kemudian dirusak dengan pemeberitaan kurang baik yang tidak berbasis dalil. [beritaislam24h. net / dmn]





(sumber: http:// www. beritaislam24h. net/2017/01/dibully-sebarkan-hoax-media-mainstream. html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.