Sahabat Sejati yang Bertaqwa Kepada Allah Akan Menolong di Dunia dan Akhirat

Seluruh orang tentu mengharapkan supaya mampu selamat (dari siksa api neraka) nanti di hari kiamat. dan juga dalam al - qur`an, allah subhanallahu ta’ala melaporkan kalau teman yang shalih mampu berikan syafaat dan juga menyelamatkan teman - temannya di hari kiamat nanti. allah subhanallahu ta’ala berfirman,

الْأَخِلَّاءُ يَوْمَئِذٍ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا الْمُتَّقِينَ

“teman - teman akrab pada hari itu sebagiannya jadi musuh untuk sebagian yang lain kecuali orang - orang yang bertaqwa” (az - zukhruf [43] : 67)

teman dan juga sahabat sejati merupakan mereka yang mampu membantu kamu sesuatu dikala di yaumul akhir dari api neraka

rasulullah bersabda,

“apabila penunggu surga telah masuk ke dalam surga, kemudian mereka tidak menciptakan sahabat - sahabat mereka yang senantiasa berbarengan mereka dulu di dunia. mereka bertanya tentang teman mereka kepada allah: ‘yaa rabb… kami tidak memandang sahabat - sahabat kami yang sewaktu di dunia shalat berbarengan kami, puasa berbarengan kami dan juga berjuang berbarengan kami? ’ hingga allah swt berfirman, ‘pergilah ke neraka, kemudian keluarkan sahabat - sahabatmu yang di hatinya terdapat iman meski cuma sebesar zarrah’. ” [hr. ibnul mubarak dalam kitab az - zuhd]

al - hasan al - bashri mengatakan, “perbanyaklah sahabat - sahabat mu’minmu, karna mereka mempunyai syafa’at pada hari kiamat”.

ibnul jauzi sempat berpesan kepada sahabat - sahabatnya sembari menangis, “jika kamu tidak menciptakan saya nanti di surga berbarengan kamu, hingga tolonglah bertanya kepada allah tentang diriku, ‘wahai rabb kami, hamba - mu fulan, sewaktu di dunia senantiasa menegaskan kami tentang engkau. hingga masukkanlah ia berbarengan kami di surga - mu’. ”






(sumber: beritaislamterbaru. org)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.