10 Ilmuwan Muslim Terbesar dan Terhebat Sepanjang Sejarah

Para ilmuwan dan juga penemu muslim (arab, persia dan juga turki) telah sukses membikin sebagian temuan yang luar biasa ratusan tahun lebih dahulu dibandingkan rekan - rekan mereka di eropa.

mereka menarik pengaruh dari filsafat aristoteles dan juga neo - platonis, tercantum euclid, archimedes, ptolemy dan juga lain - lain. kalangan muslimin pada dikala itu telah sukses membikin bermacam temuan di bidang medis, bedah, matematika, fisika, kimia, filsafat, astrologi, geometri dan juga bidang yang lain. yang tidak terhitung jumlahnya dan juga menuliskan karya - karyanya dalam bermacam novel.

berikut sebagian ilmuwan dan juga penemu muslim dengan temuan luar biasa mereka:

1. al - farabi

al - farabi

abū nasir muhammad bin al - farakh al - fārābi (872 - 950) disingkat al - farabi merupakan ilmuwan dan juga filsuf islam yang berasal dari farab, kazakhstan. dia pula diketahui dengan nama lain abū nasir al - fārābi (dalam sebagian sumber dia diketahui bagaikan abu nasr muhammad ibn muhammad ibn tarkhan ibn uzalah al - farabi, pula diketahui di dunia barat bagaikan alpharabius, al - farabi, farabi, dan juga abunasir).

angkatan laut (AL) farabi dikira bagaikan salah satu pemikir terkemuka dari masa abad pertengahan. sepanjang hidupnya(AL) farabi banyak berkarya. bila ditinjau dari ilmu pengetahuan, karya - karya al - farabi mampu ditinjau menjdi 6 penggalan:

logika
ilmu - ilmu matematika
ilmu alam
teologi
ilmu politik dan juga kenegaraan
bunga rampai (kutub munawwa’ah).

karyanya yang amat populer merupakan al - madinah al - fadhilah (kota ataupun negeri utama) yang mangulas tentang pencapaian kebahagian lewat kehidupan politik dan juga ikatan antara rejim yang amat baik bagi uraian plato dengan hukum ilahiah islam.

2. al - batani

al - battani

angkatan laut (AL) battani (dekat 858 - 929) pula diketahui bagaikan albatenius merupakan seseorang pakar astronomi dan juga matematikawan dari arab.(AL) battani nama lengkap: abū abdullāh muhammad ibn jābir ibn sinān ar - raqqī al - harrani as - sabi al - battānī) , lahir di harran dekat urfa.

salah satu pencapaiannya yang populer dalam astronomi merupakan tentang penentuan tahun matahari bagaikan 365 hari, 5 jam, 46 menit dan juga 24 detik.

angkatan laut (AL) battani pula menciptakan beberapa persamaan trigonometri:

al - battani - method - 1

dia pula membongkar persamaan sin x = a cos x dan juga menciptakan rumus:

al - battani - method - 1 - 1

dan juga memakai gagasan al - marwazi tentang tangen dalam menumbuhkan persamaan - persamaan buat menghitung tangen, cotangen dan juga menyusun tabel perhitungan tangen.

angkatan laut (AL) battani bekerja di suriah, tepatnya di ar - raqqah dan juga di damaskus, yang pula menggambarkan tempat wafatnya.

3. ibnu sina

avicenna

ibnu sina (980 - 1037) diketahui pula bagaikan avicenna di dunia barat merupakan seseorang filsuf, ilmuwan, dan juga pula dokter kelahiran persia (saat ini sudah jadi penggalan uzbekistan). dia pula seseorang penulis yang subur dimana sebagian besar karyanya merupakan tentang filosofi dan juga penyembuhan.

untuk banyak orang, dia merupakan ayah penyembuhan modern dan juga masih banyak lagi istilah menurutnya yang mayoritas bersangkutan dengan karya - karyanya di bidang medis. karyanya yang amat populer qanun fi thib menggambarkan referensi di bidang medis sepanjang berabad - abad.

ibnu sina bernama lengkap abū ‘alī al - husayn bin ‘abdullāh bin sīnā lahir pada 980 di afsyahnah wilayah dekat bukhara, saat ini daerah uzbekistan (setelah itu persia) , dan juga wafat pada bulan juni 1037 di hamadan, persia (iran).

ia merupakan pengarang dari 450 novel pada sebagian pokok bahasan besar, banyak di antara lain memusatkan pada filosofi dan juga medis. ia dikira oleh banyak orang bagaikan ayah medis modern, george sarton menyebut ibnu sina bagaikan “ilmuwan amat populer dari islam dan juga salah satu yang amat populer pada seluruh bidang, tempat, dan juga waktu”. karyanya yang amat populer merupakan the book of healing dan juga the canon of medicine, diketahui pula bagaikan bagaikan qanun (judul lengkap: al - qanun fi at tibb).
karya

qanun fi thib (canon of medicine/ketentuan penyembuhan)
asy syifa (terdiri dari 18 jilid berisi tentang bermacam berbagai ilmu pengetahuan)
an najat



4. ibnu batutah

ibn - battuta

abu abdullah muhammad bin battutah ataupun pula dieja ibnu batutah merupakan seseorang pengembara (penjelajah) berber maroko.

atas dorongan sultan maroko, ibnu batutah mendiktekan sebagian ekspedisi berartinya kepada seseorang sarjana bernama ibnu juzay, yang ditemuinya kala lagi berposisi di iberia. walaupun memiliki sebagian cerita fiksi, rihlah menggambarkan catatan ekspedisi dunia terlengkap yang berasal dari abad ke - 14.

lahir di tangier, maroko antara tahun 1304 dan juga 1307, pada umur dekat 2 puluh tahun ibnu batutah berangkat haji – ziarah ke mekah. sehabis tuntas, ia melanjutkan perjalanannya sampai melintasi 120. 000 km sejauh dunia muslim (dekat 44 negeri modern).

5. ibnu rusyd

ibn - rushd

ibnu rusyd (ibnu rushdi, ibnu rusyid, lahir tahun 1126 di marrakesh maroko, meninggal bertepatan pada 10 desember 1198) pula diketahui bagaikan averroes, merupakan seseorang filsuf dari spanyol (andalusia).

ikhtisar
abu walid muhammad bin rusyd lahir di kordoba (spanyol) pada tahun 520 hijriah (1128 masehi). bapak dan juga kakek ibnu rusyd merupakan hakim - hakim populer pada masanya. ibnu rusyd kecil seorang diri merupakan seseorang anak yang memiliki banyak atensi dan juga talenta. ia mendalami banyak ilmu, serupa medis, hukum, matematika, dan juga filsafat. ibnu rusyd mendalami filsafat dari abu ja’far harun dan juga ibnu baja.

ibnu rusyd merupakan seseorang jenius yang berasal dari andalusia dengan pengetahuan ensiklopedik. masa hidupnya sebagian besar dikasih buat mengabdi bagaikan “kadi” (hakim) dan juga fisikawan. di dunia barat, ibnu rusyd diketahui bagaikan averroes dan juga komentator terbanyak atas filsafat aristoteles yang mempengaruhi filsafat kristen di abad pertengahan, tercantum pemikir semacam st. thomas aquinas. banyak orang menghadiri ibnu rusyd buat mengkonsultasikan permasalahan medis dan juga permasalahan hukum.

pemikiran ibnu rusyd
karya - karya ibnu rusyd meliputi bidang filsafat, medis dan juga fikih dalam wujud karangan, pembahasan, essai dan juga resume. kira - kira seluruh karya - karya ibnu rusyd diterjemahkan ke dalam bahasa latin dan juga ibrani (yahudi) sampai - sampai mungkin besar karya - karya aslinya sudah tidak terdapat.

filsafat ibnu rusyd terdapat 2, ialah filsafat ibnu rusyd serupa yang dimengerti oleh orang eropa pada abad pertengahan; dan juga filsafat ibnu rusyd tentang akidah dan juga perilaku keberagamaannya.

karya

bidayat al - mujtahid
kulliyaat fi at - tib (kuliah medis)
fasl al - maqal fi ma bain al - hikmat wa asy - syari’at



6. muhammad bin musa al - khawarizmi

al - khwarizmi

muhammad bin mūsā al - khawārizmī merupakan seseorang pakar matematika, astronomi, astrologi, dan juga geografi yang berasal dari persia. lahir dekat tahun 780 di khwārizm (saat ini khiva, uzbekistan) dan juga meninggal dekat tahun 850 di baghdad. kira - kira sejauh hidupnya, dia bekerja bagaikan dosen di sekolah kehormatan di baghdad

novel pertamanya, al - jabar, merupakan novel kesatu yang mangulas pemecahan sistematik dari linear dan juga notasi kuadrat. sampai - sampai dia diucap bagaikan ayah aljabar. translasi bahasa latin dari aritmatika dia, yang menghadirkan angka india, setelah itu diperkenalkan bagaikan sistem penomoran posisi desimal di dunia barat pada abad ke 12. dia merevisi dan juga membiasakan geografi ptolemeus sebaik mengerjakan tulisan - tulisan tentang astronomi dan juga astrologi.

donasi dia tidak cuma berakibat besar pada matematika, tetapi pula dalam kebahasaan. kata aljabar berasal dari kata al - jabr, satu dari 2 pembedahan dalam matematika buat menuntaskan notasi kuadrat, yang tercantum dalam novel dia. kata logarisme dan juga logaritma diambil dari kata algorismi, latinisasi dari nama dia. nama dia pula di serap dalam bahasa spanyol guarismo dan juga dalam bahasa portugis, algarismo yang berarti digit.

biografi
sedikit yang mampu dikenal dari hidup dia, terlebih lagi posisi tempat lahirnya sekalipun. nama dia bisa jadi berasal dari khwarizm (khiva) yang berposisi di provinsi khurasan pada masa kekuasaan bani abbasiyah (saat ini xorazm, salah satu provinsi uzbekistan). gelar dia merupakan abū ‘abdu llāh ataupun abū ja’far.

sejarawan al - tabari menamakan dia muhammad bin musa al - khwārizmī al - majousi al - katarbali. istilah al - qutrubbulli mengindikasikan dia berasal dari qutrubbull, kota kecil dekat baghdad.

dalam kitāb al - fihrist ibnu al - nadim, kita temukan sejarah pendek dia, berbarengan dengan karya - karya tulis dia. al - khawarizmi menekuni kira - kira segala pekerjaannya antara 813 - 833. sehabis islam masuk ke persia, baghdad jadi pusat ilmu dan juga perdagangan, dan juga banyak orang dagang dan juga ilmuwan dari Tiongkok dan juga india berkelana ke kota ini, yang pula dicoba dia. ia bekerja di baghdad pada sekolah kehormatan yang didirikan oleh khalifah bani abbasiyah al - ma’mun, tempat dia belajar ilmu alam dan juga matematika, tercantum menekuni terjemahan manuskrip sanskerta dan juga yunani.

karya
karya terbanyak dia dalam matematika, astronomi, astrologi, geografi, kartografi, bagaikan fondasi dan juga setelah itu lebih inovatif dalam aljabar, trigonometri, dan juga pada bidang lain yang dia tekuni. pendekatan logika dan juga sistematis dia dalam penyelesaian linear dan juga notasi kuadrat membagikan keakuratan dalam disiplin aljabar, nama yang diambil dari nama salah satu novel dia pada tahun 830 meter, al - kitab al - mukhtasar fi hisab al - jabr wa’l - muqabala ataupun: “buku rangkuman buat kalkulasi dengan melengkapakan dan juga menyeimbangkan”, novel kesatu dia yang setelah itu diterjemahkan ke dalam bahasa latin pada abad ke - 12.

pada novel dia, kalkulasi dengan angka hindu, yang ditulis tahun 825, memprinsipkan keahlian difusi angka india ke dalam perangkaan timur tengah dan juga setelah itu eropa. novel dia diterjemahkan ke dalam bahasa latin, algoritmi de numero indorum, menampilkan kata algoritmi jadi bahasa latin.

sebagian donasi dia berdasar pada astronomi persia dan juga babilonia, angka india, dan juga sumber - sumber yunani.

sistemasi dan juga koreksi dia terhadap informasi ptolemeus pada geografi merupakan suatu penghargaan buat afrika dan juga timur tengah. novel besar dia yang lain, kitab tulisan al - ard (“pemandangan bumi”; diterjemahkan oleh geography) , yang memperlihatkan koordinat dan juga posisi dasar yang dikenal dunia, dengan berani mengevaluasi nilai panjang dari laut mediterania dan juga posisi kota - kota di asia dan juga afrika yang sebelumnya dikasih oleh ptolemeus.

dia setelah itu mengepalai konstruksi peta dunia buat khalifah al - ma’mun dan juga berpartisipasi dalam proyek memastikan tata letak di bumi, berbarengan dengan 70 pakar geografi lain buat membikin peta yang setelah itu diucap “ketahuilah dunia”. kala hasil kerjanya disalin dan juga ditransfer ke eropa dan juga bahasa latin, memunculkan akibat yang hebat pada kemajuan matematika dasar di eropa. dia pula menuliskan tentang astrolab dan juga sundial.

kitab i – aljabar
al - kitāb al - mukhtaṣar fī ḥisāb al - jabr wa - l - muqābala (kitab yang merangkum perhitungan pelengkapan dan juga penyeimbangan) merupakan novel matematika yang ditulis pada tahun 830. kitab ini merangkum definisi aljabar. terjemahan ke dalam bahasa latin diketahui bagaikan liber algebrae et almucabala oleh robert dari chester (segovia, 1145) dan juga pula oleh gerardus dari cremona.

al - khwarizmi - method - 1

dalam kitab tersebut dikasih penyelesaian persamaan linear dan juga kuadrat dengan menyederhanakan persamaan jadi salah satu dari 6 wujud standar (di mari b dan juga c merupakan bilangan bundar positif) dengan membagi koefisien dari kuadrat dan juga memakai 2 pembedahan: al - jabr ( الجبر ) ataupun pemulihan ataupun pelengkapan) dan juga al - muqābala (penyetimbangan). al - jabr merupakan proses memindahkan unit negatif, pangkal dan juga kuadrat dari notasi dengan memakai nilai yang sama di kedua sisi. contohnya, x^2 = 40x – 4x^2 disederhanakan jadi 5x^2 = 40x. al - muqābala merupakan proses membagikan kuantitas dari jenis yang sama ke sisi notasi. contohnya, x^2 14 = x 5 disederhanakan ke x^2 9 = x.

sebagian pengarang telah menerbitkan tulisan dengan nama kitāb al - ǧabr wa - l - muqābala, tercantum abū Ḥanīfa al - dīnawarī, abū kāmil (rasāla fi al - ǧabr wa - al - muqābala) , abū muḥammad al - ‘adlī, abū yūsuf al - miṣṣīṣī, ibnu turk, sind bin ‘alī, sahl bin bišr, dan juga Šarafaddīn al - Ṭūsī.

kitab 2 – dixit algorizmi
novel kedua besar dia merupakan tentang aritmatika, yang bertahan dalam bahasa latin, tetapi lenyap dari bahasa arab yang aslinya. translasi dicoba pada abad ke - 12 oleh adelard of bath, yang pula menerjemahkan tabel astronomi pada 1126.

pada manuskrip latin, lazimnya tidak bernama, namun lazimnya diawali dengan kata: dixit algorizmi (“seperti kata al - khawārizmī”) , ataupun algoritmi de numero indorum (“al - kahwārizmī pada angka kesenian hindu”) , suatu nama baru di bagikan pada hasil kerja dia oleh baldassarre boncompagni pada 1857. kitab aslinya bisa jadi bernama kitāb al - jam’a wa - l - tafrīq bi - ḥisāb al - hind (“buku penjumlahan dan juga pengurangan bersumber pada kalkulasi hindu”)

kitab 3 – rekonstruksi planetarium
peta abad ke - 15 bersumber pada ptolemeus bagaikan perbandingan.

novel ketiga dia yang populer merupakan kitāb tulisan al - ardh “buku panorama alam dunia” ataupun “kenampakan bumi” diterjemahkan oleh geography) , yang tuntas pada 833 merupakan perbaikan dan juga penyempurnaan geografi ptolemeus, terdiri dari catatan 2402 koordinat dari kota - kota dan juga tempat geografis yang lain menjajaki pertumbuhan universal.

cuma terdapat satu kopi dari kitāb ṣūrat al - arḍ, yang tersimpan di bibliotek universitas strasbourg. terjemahan latinnya tersimpan di biblioteca nacional de españa di madrid. judul lengkap novel dia merupakan novel pendekatan tentang dunia, dengan kota - kota, gunung, laut, seluruh pulau dan juga sungai, ditulis oleh abu ja’far muhammad bin musa al - khawarizmi bersumber pada pendalaman geografis yang ditulis oleh ptolemeus dan juga claudius.

novel ini diawali dengan catatan bujur dan juga lintang, tercantum “zona cuaca”, yang menuliskan pengaruh lintang dan juga bujur terhadap cuaca. oleh paul gallez, dikatakan kalau ini sanagat berguna buat memastikan posisi kita dalam keadaan yang kurang baik buat membikin pendekatan instan. baik dalam kopian arab ataupun latin, tidak terdapat yang tertinggal dari novel ini. oleh karna itu, hubert daunicht merekonstruksi berulang peta tersebut dari catatan koordinat. dia berupaya mencari pendekatan yang mirip dengan peta tersebut.

novel 4 – astronomi
kampus corpus christi ms 283

novel zīj al - sindhind (tabel astronomi) merupakan karya yang terdiri dari 37 simbol pada kalkulasi kalender astronomi dan juga 116 tabel dengan kalenderial, astronomial dan juga informasi astrologial sebaik informasi yang diakui saat ini.

tipe aslinya dalam bahasa arab (ditulis 820) lenyap, tetapi tipe lain oleh astronomer spanyol maslama al - majrīṭī (1000) senantiasa bertahan dalam bahasa latin, yang diterjemahkan oleh adelard of bath (26 januari 1126). 4 manuskrip yang lain dalam bahasa latin senantiasa terdapat di bibliothèque publique (chartres) , the bibliothèque mazarine (paris) , the bibliotheca nacional (madrid) dan juga the bodleian library (oxford).

novel 5 – kalender yahudi
al - khawārizmī pula menuliskan tentang penanggalan yahudi (risāla fi istikhrāj taʾrīkh al - yahūd “petunjuk penanggalan yahudi”). yang mencerahkan 19 - tahun siklus interkalasi, hukum yang mengendalikan pada hari apa dari sesuatu minggu bulan tishrī diawali; memperhitungkan interval antara masa yahudi (penciptaan adam) dan juga masa seleucid; dan juga membagikan hukum tentang bujur matahari dan juga bulan memakai kalender yahudi. sama dengan yang ditemui oleh al - bīrūnī dan juga maimonides.

karya lainnya
sebagian manuskrip arab di berlin, istanbul, tashkent, kairo dan juga paris berisi pendekatan material yang berkemungkinan berasal dari al - khawarizmī. manuskrip di istanbul berisi tentang sundial, yang diucap dalam fihirst. karya lain, serupa determinasi arah mekkah merupakan salah satu astronomi sferik.

2 karya berisi tentang pagi (ma’rifat sa’at al - mashriq fī kull balad) dan juga determinasi azimut dari besar (ma’rifat al - samt min qibal al - irtifā’).

dia pula menuliskan 2 novel tentang pemakaian dan juga perakitan astrolab. ibnu al - nadim dalam kitab al - fihrist (suatu indeks dari bahasa arab) pula mengatakan kitāb ar - ruḵāma (t) (novel sundial) dan juga kitab al - tarikh (novel sejarah) tetapi 2 yang terakhir diucap telah lenyap.

7. umar khayyam

omar - khayyam

‘umar khayyām (18 mei 1048 – 4 desember 1131) , dilahirkan di nishapur, iran. nama aslinya merupakan ghiyātsuddin abulfatah ‘umar bin ibrahim khayyāmi nisyābūri. khayyām berarti “pembuat tenda” dalam bahasa persia.

si matematikawan
pada masa hidupnya, dia populer bagaikan seseorang matematikawan dan juga astronom yang memperhitungkan gimana mengoreksi kalender persia. pada 15 maret 1079, sultan jalaluddin maliksyah saljuqi (1072 - 1092) memberlakukan kalender yang telah diperbaiki umar, serupa yang dicoba oleh julius caesar di eropa pada tahun 46 sm dengan koreksi terhadap sosigenes, dan juga yang dicoba oleh paus gregorius xiii pada februari 1552 dengan kalender yang telah diperbaiki aloysius lilius (walaupun britania raya baru bergeser dari kalender julian kepada kalender gregorian pada 1751, dan juga rusia baru melaksanakannya pada 1918).

ia juga populer karna menciptakan tata cara membongkar persamaan kubik dengan memotong suatu parabola dengan suatu bundaran.

si astronom
pada 1073, malik - syah, penguasa isfahan, mengundang khayyām buat membangun dan juga bekerja pada suatu observatorium, bersama - sama dengan beberapa ilmuwan terkemuka yang lain. kesimpulannya, khayyām dengan amat akurat (mengoreksi sampai 6 desimal di balik koma) mengukur panjang satu tahun bagaikan 365, 24219858156 hari.

dia populer di dunia persia dan juga islam karna observasi astronominya. dia sempat membikin suatu peta bintang (yang saat ini sirna) di angkasa.

umar khayyām dan juga islam
filsafat umar khayyām agak berubah dengan dogma - dogma universal islam. tidak jelas apakah dia yakin hendak kedatangan allah ataupun tidak, tetapi dia menolak uraian kalau tiap peristiwa dan juga fenomena merupakan akibat dari campur tangan ilahi. dia juga tidak yakin hendak hari kiamat ataupun ganjaran dan hukuman sehabis kematian. kebalikannya, dia menunjang pemikiran kalau hukum - hukum alam menarangkan seluruh fenomena dari kehidupan yang teramati. para pejabat keagamaan kembali kali memohon ia menarangkan pandangan - pandangannya yang berubah tentang islam. khayyām kesimpulannya naik haji ke mekkah buat meyakinkan kalau dia merupakan seseorang muslim.

omar khayyam, si skeptik
dan juga, sedangkan ayam jantan berkokok, mereka yang berdiri di wajah / rumah minum berseru – “bukalah pintu! / engkau ketahui betapa sedikit waktu yang kami punyai buat singgah, / dan juga apabila kami berangkat, bisa jadi kami takkan berulang lagi. ”

demikian pula untuk mereka yang bersiap - siap buat hari ini, / dan juga meyangka sehabis besok memandang, / seseorang muazzin berseru dari menarakegelapan / “hai orang bodoh! ganjaranmu bukan di mari maupun di situ! ”

kenapa, seluruh orang suci dan juga orang bijak yang mendiskusikan / tentang 2 dunia dengan begitu pintar, disodorkannya / serupa nabi - nabi bodoh; perkata mereka buat dicemoohkan / ditaburkan, dan juga mulut mereka tersumbat dengan debu.

oh, datanglah dengan khayyam yang tua, dan juga tinggalkanlah yang bijak / buat berdialog; satu perihal yang tentu, kalau kehidupan berjalan kilat; / satu perihal yang tentu, dan juga sisanya merupakan dusta; / bunga yang sempat sekali mekar, mati buat selama - lamanya.

diriku kala masih muda begitu bergariah mendatangi / kalangan cerdik pandai dan juga orang suci, dan juga mencermati perdebatan besar / tentang ini dan juga tentang: tetapi terlebih lagi / keluar dari pintu yang sama serupa kala kumasuk.

dengan benih hikmat saya menabur, / dan juga dengan tanganku seorang diri mengusahakannya supaya bertumbuh; / dan juga hanya inilah panen yang kupetik – / “aku tiba bagai air, dan juga seperti bayu saya berangkat. ”

ke dalam jagad ini, dan juga tanpa mengenali, / entah ke mana, serupa air yang mengalir begitu aja: / dan juga dari padanya, serupa si bayu yang meniup di padang, / saya tidak ketahui ke mana, bertiup sesukanya.

jari yang bergerak menuliskan; dan juga, sehabis menuliskan, / bergerak terus: bukan kesalehanmu maupun kecerdikanmu / yang hendak memanggilnya berulang buat membatalkan separuh garis, / tidak pula air matamu menghapuskan sepatah kata daripadanya.

dan juga cangkir terbalik yang kita sebut langit, / yang di bawahnya kita merangkak hidup dan juga mati, / janganlah mengangkut tanganmu kepadanya memohon tolong – karna dia / bergelung tanpa energi serupa engkau dan juga saya.

omar khayyám, penulis dan juga penyair
omar khayyám saat ini populer bukan cuma keberhasilan ilmiahnya, namun karna karya - karya sastranya. dia diyakini telah menuliskan dekat seribu puisi 400 baris. di dunia berbahasa inggris, dia amat diketahui karna the rubáiyát of omar khayyám dalam terjemahan bahasa inggris oleh edward fitzgerald (1809 - 1883).

teman pula telah menerbitkan terjemahan - terjemahan sebagian dari rubáiyátnya (rubáiyát berarti “kuatrain”) , namun terjemahan fitzgeraldlah yang amat populer. terdapat banyak pula terjemahan karya ini dalam bahasa - bahasa lain.

8. tsabit bin qurrah

thabit - ibn - qurra

abu’l hasan tsabit bin qurra’ bin marwan al - sabi al - harrani, (826 – 18 februari 901) merupakan seseorang astronom dan juga matematikawan dari arab, dan juga diketahui pula bagaikan thebit dalam bahasa latin.

tsabit lahir di kota harran, turki. tsabit menempuh tarbiyah di baitul hikmah di baghdad atas ajakan muhammad ibn musa ibn shakir. tsabit menerjemahkan novel euclid yang bertajuk elements dan juga novel ptolemy yang bertajuk geograpia.

al - sabiʾ thabit bin qurra al - Ḥarrānī, latin: thebit / thebith / tebit, 826 – 18 februari, 901) merupakan seseorang pakar matematika, dokter, astronom, dan juga penerjemah islam golden age yang tinggal di baghdad pada paruh kedua abad kesembilan.

ibnu qurra membikin temuan berarti dalam aljabar, geometri, dan juga astronomi. dalam astronomi, thabit dikira bagaikan salah satu dari para reformis kesatu dari sistem ptolemaic, dan juga dalam mekanika ia merupakan seseorang pendiri statika.

9. muhammad bin zakariya al - razi

al - razi

abu bakar muhammad bin zakaria ar - razi ataupun dikenali bagaikan rhazes di dunia barat menggambarkan salah seseorang ahli sains iran yang hidup antara tahun 864 – 930. dia lahir di rayy, teheran pada tahun 251 h. /865 dan juga meninggal pada tahun 313 h/925.

ar - razi semenjak muda telah menekuni filsafat, kimia, matematika dan juga kesastraan. dalam bidang medis, dia berguru kepada hunayn bin ishaq di baghdad. sekembalinya ke teheran, dia dipercaya buat mengetuai suatu rumah sakit di rayy. berikutnya dia pula mengetuai rumah sakit muqtadari di baghdad.

ar - razi pula dikenal bagaikan ilmuwan serbabisa dan juga dikira bagaikan salah satu ilmuwan terbanyak dalam sejarah.

biografi
ar - razi lahir pada bertepatan pada 28 agustus 865 hijirah dan juga wafat pada bertepatan pada 9 oktober 925 hijriah. nama razi - nya berasal dari nama kota rayy. kota tersebut terletak di lembah selatan jajaran dataran besar alborz yang berposisi di dekat teheran, iran. di kota ini pula, ibnu sina menuntaskan kira - kira segala karyanya.

dikala masih kecil, ar - razi tertarik buat jadi penyanyi ataupun musisi tetapi ia setelah itu lebih tertarik pada bidang alkemi. pada usianya yang ke - 30, ar - razi memutuskan buat menyudahi menekuni bidang alkemi disebabkan bermacam eksperimen yang menimbulkan matanya jadi cacat. setelah itu ia mencari dokter yang dapat mengobati matanya, dan juga dari sinilah ar - razi mulai menekuni ilmu medis.

ia belajar ilmu medis dari ali ibnu sahal at - tabari, seseorang dokter dan juga filsuf yang lahir di merv. dulu, gurunya menggambarkan seseorang yahudi yang setelah itu berpindah agama jadi islam sehabis mengambil sumpah buat jadi pegawai kerajaan dibawah kekuasaan khalifah abbasiyah, al - mu’tashim.

razi berulang ke kampung tamannya dan juga populer bagaikan seseorang dokter disitu. setelah itu ia jadi kepala rumah sakit di rayy pada masa kekuasaan mansur ibnu ishaq, penguasa samania. ar - razi pula menuliskan at - tibb al - mansur yang spesial dipersembahkan buat mansur ibnu ishaq. sebagian tahun setelah itu, ar - razi pindah ke baghdad pada masa kekuasaan al - muktafi dan juga jadi kepala suatu rumah sakit di baghdad.

sehabis kematian khalifan al - muktafi pada tahun 907 masehi, ar - razi memutuskan buat berulang ke kota kelahirannya di rayy, dimana ia mengumpulkan murid - muridnya. dalam novel ibnu nadim yang bertajuk fihrist, ar - razi dikasih gelar syaikh karna ia mempunyai banyak murid. tidak hanya itu, ar - razi diketahui bagaikan dokter yang baik dan juga tidak membebani pengeluaran pada pasiennya dikala berobat kepadanya.

kontribusinya dibidang kedokteran

cacar dan juga campak
bagaikan seseorang dokter utama di rumah sakit di baghdad, ar - razi menggambarkan orang kesatu yang membikin uraian seputar penyakit cacar:

“cacar terjalin kala darah ‘mendidih’ dan juga terinfeksi, dimana setelah itu perihal ini hendak menyebabkan keluarnya uap. setelah itu darah muda (yang nampak serupa ekstrak basah di kulit) berbeda jadi darah yang kian banyak dan juga rupanya serupa anggur yang matang. pada sesi ini, cacar diperlihatkan dalam wujud gelembung pada minuman anggur. penyakit ini mampu terjalin tidak cuma pada masa anak - anak, tetapi pula masa berusia. trik tersadu buat menjauhi penyakit ini merupakan menghindari kontak dengan penyakit ini, karna mungkin wabah cacar dapat jadi epidemi. ”

diagnosa ini setelah itu dipuji oleh ensiklopedia britanika (1911) yang menuliskan: “pernyataan kesatu yang amat akurat dan juga tepercaya tentang terdapatnya wabah ditemui pada karya dokter persia pada abad ke - 9 ialah rhazes, dimana ia menarangkan gejalanya secara jelas, patologi penyakit yang dipaparkan dengan perumpamaan fermentasi anggur dan juga trik menghindari wabah tersebut. ”

novel ar - razi ialah al - judari wal - hasbah (cacar dan juga campak) merupakan novel kesatu yang mangulas tentang cacar dan juga campak bagaikan 2 wabah yang berubah. novel ini setelah itu diterjemahkan belasan kali ke dalam latin dan juga bahasa eropa yang lain. trik uraian yang tidak dogmatis dan juga kepatuhan pada prinsip hippokrates dalam pengamatan klinis memperlihatkan trik berpikir ar - razi dalam novel ini.

berikut ini merupakan uraian lanjutan ar - razi: “kemunculan cacar diisyarati oleh demam yang berkepanjangan, kerasa sakit pada punggung, gatal pada hidung dan juga mimpi yang kurang baik kala tidur. penyakit jadi terus menjadi parah kala seluruh indikasi tersebut bergabung dan juga gatal merasa di seluruh penggalan badan. bercak - bercak di wajah mulai bermunculan dan juga terjalin pergantian corak merah pada wajah dan juga kantung mata. salah satu indikasi yang lain merupakan perasaan berat pada segala badan dan juga sakit pada kerongkongan. ”

alergi dan juga demam
razi dikenal bagaikan seseorang ilmuwan yang menciptakan penyakit “alergi asma”, dan juga ilmuwan kesatu yang menuliskan tentang alergi dan juga imunologi. pada salah satu tulisannya, ia menarangkan munculnya penyakit rhintis sehabis mencium bunga mawar pada masa panas. razi pula menggambarkan ilmuwan kesatu yang menarangkan demam bagaikan mekanisme badan buat melindungi diri.

farmasi
pada bidang farmasi, ar - razi pula berkontribusi membikin perlengkapan serupa tabung, spatula dan juga mortar. ar - razi pula menumbuhkan obat - obatan yang berasal dari merkuri.

etika kedokteran
ar - razi pula mengemukakan pendapatnya dalam bidang etika medis. salah satunya merupakan kala ia mengritik dokter jalanan palsu dan juga tukang obat yang berkelana di kota dan juga desa buat menjual racikan. pada dikala yang sama ia pula melaporkan kalau dokter tidak bisa jadi mengenali jawaban atas seluruh penyakit dan juga tidak bisa jadi dapat mengobati seluruh penyakit, yang secara manusiawi sangat tidak bisa jadi. tetapi buat tingkatkan kualitas seseorang dokter, ar - razi menganjurkan para dokter buat senantiasa belajar dan juga terus mencari data baru. ia pula membikin perbandingan antara penyakit yang dapat dipulihkan dan juga yang tidak dapat dipulihkan. ar - razi setelah itu melaporkan kalau seseorang dokter tidak dapat disalahkan karna tidak dapat mengobati penyakit kanker dan juga kusta yang amat berat. bagaikan ekstra, ar - razi melaporkan kalau ia terasa kasihan pada dokter yang bekerja di kerajaan, karna lazimnya anggota kerajaan suka tidak mematuhi perintah si dokter.

ar - razi pula berkata kalau tujuan jadi dokter merupakan buat berbuat baik, terlebih lagi sekalipun kepada musuh dan juga pula berguna buat warga dekat.

buku - buku ar - razi pada bidang kedokteran
berikut ini merupakan karya ar - razi pada bidang medis yang dituliskan dalam novel:

hidup yang luhur
petunjuk medis buat warga umum
keraguan pada galen
penyakit pada anak



10. abu musa jabir bin hayyan

jabir - ibn - haiyan

abu musa jabir bin hayyan, ataupun diketahui dengan nama geber di dunia barat, diperkirakan lahir di kuffah, irak pada tahun 722 dan juga meninggal pada tahun 804. donasi terbanyak jabir merupakan dalam bidang kimia. keahliannya ini didapatnya dengan dia berguru pada barmaki vizier, pada masa pemerintahan harun ar - rasyid di baghdad. dia menumbuhkan metode eksperimentasi sistematis di dalam riset kimia, sampai - sampai tiap eksperimen mampu direproduksi berulang. jabir menekankan kalau kuantitas zat berhubungan dengan respon kimia yang terjalin, sampai - sampai mampu dikira jabir telah merintis ditemuinya hukum perbandingan senantiasa.

donasi yang lain antara lain dalam penyempurnaan proses kristalisasi, distilasi, kalsinasi, sublimasi dan juga penguapan dan pengembangan instrumen buat melaksanakan proses - proses tersebut.

ayah kimia arab ini diketahui karna karya - karyanya yang amat mempengaruhi pada ilmu kimia dan juga metalurgi.
karya jabir antara lain:

kitab al - kimya (diterjemahkan ke inggris jadi the book of the composition of alchemy)
kitab al - sab’een
kitab(AL) rahmah
angkatan laut (AL) tajmi
angkatan laut (AL) zilaq(AL) sharqi
book of the kingdom
book of eastern mercury
book of balance’



seperti itu catatan dari kesepuluh ilmuan islam terbanyak sejauh sejarah yang penulis sediakan, bila suka dengan informasi ini, please share ataupun bagikan. masukkan kamu pula penulis harapkan, komen di comment box ya, supaya lebih mesra. terima kasih.




(sumber: munsypedia. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.