Ternyata Asal Muasal Pancasila Adalah Syahadat dan Rukun Islam, Lambang Kerajaan Samudra Pasai...

Pada catatan sejarah, simbol garuda pancasila didesain oleh sultan hamid ii dari pontianak, kemudian disempurnakan oleh presiden soekarno.

tetapi mengerti kah kamu, jauh - jauh hari saat sebelum simbol itu digunakan bagaikan simbol negeri republik indonesia, simbol itu sudah lebih dulu dipakai bagaikan simbol kerajaan samudera pasai ?

serupa yang kita mengenal, apabila kerajaan samudera pasai ialah satu kerajaan islam kesatu di indonesia yang didirikan oleh sultan malikussaleh (meurah silu) pada masa ke 13 ataupun pada th. 1267.

samudera pasai dikala itu diketahui bagaikan pusat riset islam di posisi asia tenggara, perihal semacam ini dikemukakan oleh seseorang petualang bernama ibnu battutah dalam bukunya tuhfat al - nazha. lambang kerajaan islam samudera pasai ini di desain oleh seseorang sultan samudera pasai ialah sultan zainal abidin. lambang burung itu mempunyai makna ialah syiar islam yang kokoh.

r indra s attahashi menarangkan apabila simbol kerajaan samudera pasai diisi kalimat tauhid dan juga rukun islam. kepala burung bermakna basmallah, sayap dan juga kakinya ialah pengucapan 2 kalimat syahadat. amat akhir, badan burung itu ialah rukun islam.

indra melanjutkan penuturannya apabila lambang itu disalin lagi oleh teuku raja muluk attahashi bin teuku cik ismail siddik attahashi yang diartikan sultan muda aceh yang dinaikan pasca kejadian perang cumbok pada 1945. dikala itu di aceh tamiang terdapat kerajaan seorang diri bernama kerajaan sungai iyu.

indra menarangkan, simbol kerajaan samudera pasai itu sudah terdapat pada silsilah keluarganya lebih 100 tahun. kemudian. dari kakek ataupun nenek, simbol itu diwariskan dari generasi ke generasi yang senantiasa diceritakan apabila itu lambang kerajaan samudera pasai.

lambang itu dilukis oleh teuku raja muluk attahashi, generasi dari panglima turki utsmani yang ke aceh waktu sultan iskandar muda hadapi portugis, pimpinan dari panglima 7 syarif attahashi.

simbol garuda pancasila ini realitasnya di ilham dari simbol kerajaan samudera pasai, tetapi terlepas dari itu seluruh sejarawan lipi, aswi warman adam mengatakan apabila klaim itu perlihatkan kecintaan bangsa indonesia. (*)






(sumber: http:// www. islamsejati. net/2016/08/ternyata-asal-muasal-pancasila-adalah. html )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.