Terungkap, Amerika Punya Hutang 1.551 Triliun Kepada Arab Saudi

Salah satu teka - teki terbanyak finansial global baru aja terungkap, ialah soal besaran utang amerika serikat terhadap arab saudi.

dilansir cnn, pada senin (17/5) , kementerian keuangan as membeberkan nilai utang luar negara mereka ke khalayak. saudi disebutkan mengatongi tulisan utang as senilai us$116, 8 miliyar ataupun lebih dari rp1. 551 triliun.

nilai utang as kepada saudi sebelumnya jadi teka - teki. alasannya sepanjang 4 dekade as tidak sempat mengungkapkannya.

besaran utang ini menjadikan saudi pemegang utang luar negara as terbanyak ke - 13. Cina merupakan negeri yang memegang obligasi terbanyak as, sampai us$1, 3 triliun, kedua merupakan jepang, us$1, 1 triliun.

ihwal besaran utang as pada saudi ini diungkapkan kesatu kali oleh bloomberg news sehabis mengajukan permintaan pengungkapan dokumen negeri bersumber pada undang - undang kebebasan data.

saudi amat istimewa. karna berubah dengan negeri pengutang terbanyak yang lain, kementerian keuangan as tidak mengatakan besaran utang saudi semenjak tahun 1970 - an. ini bersumber pada perjanjian antara as dan juga saudi pada 1973 demi melindungi ikatan baik kedua negeri.

pejabat depkeu as berkata, pengungkapan minggu ini demi “transparansi” informasi.

cnn menuliskan, terdapat mungkin pemerintah raja salman mempunyai lebih banyak tulisan utang as dibanding yang diungkapkan dini minggu ini. alasannya bank sentral saudi mencatatkan kepemilikan tulisan utang luar negara sampai senilai us$587 miliyar per maret kemudian. lazimnya bank sentral memarkir cadangan harta luar negara mereka dalam wujud tulisan utang as.

mungkin yang lain, lanjut cnn, saudi memakai taktik Cina. para pengamat meyakini Cina mempunyai lebih banyak tulisan utang as dengan membelinya lewat rekening tunggangan di belgia, negeri kecil yang mempunyai obligasi as sampai lebih dari us$154 miliyar pada maret kemudian.

semenjak akhir 2014, saudi mencairkan lebih dari us$130 miliyar tulisan utang luar negara mereka, mungkin besar tercantum yang terdapat di as, buat menolong keuangan negeri menyusul anjloknya harga minyak.

kementerian keuangan as berkata tulisan utang yang dipunyai arab saudi dikala ini menurun dari nilai sebelumnya pada januari ialah sebesar us$123, 6 miliyar.

ketegangan antara pemerintah barack obama dan juga saudi yang terjalin baru - baru ini membikin pemerintah riyadh melancarkan ancaman. bagi sumber cnn april kemudian, arab saudi mengecam hendak menjual peninggalan amerika bila kongres meloloskan undang - undang yang memperbolehkan para korban 9/11 menggugat negeri lain. sumber di saudi berkata, kerajaan tidak main - main dalam melancarkan ancaman tersebut.

penjualan beberapa besar tulisan utang as dalam satu waktu hendak menimbulkan nilai sekuritas terpuruk, mengecam stabilitas pasar finansial global. perihal ini pula dapat mengganggu keuangan arab saudi seorang diri, membikin para pakar berkesimpulan ancaman itu tidak hendak dicoba.

pengungkapan kepemilikan tulisan utang as pula menampilkan kalau cayman islands, negeri dengan populasi kurang dari 60 ribu, mempunyai obligasi as senilai us$265 miliyar per maret. nilai ini merupakan yang terbanyak ketiga sehabis Cina dan juga jepang, sekalian menegaskan predikat cayman island bagaikan negeri surga pajak. cayman island tidak kenali pajak industri, membikin industri multinasional menaruh duit dalam jumlah besar di negeri itu buat menjauhi pajak.

sedangkan itu, bermuda, negeri surga pajak yang lain, mempunyai obligasi as senilai us$63 miliyar.





(sumber: cnnindonesia. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.